Akhir tahun sudah di depan mata. Hal ini berarti Anda harus menyiapkan laporan yang berisi segala pencapaian yang dilakukan oleh perusahaan tempat Anda bekerja. Karena laporan tersebut akan dibaca oleh klien, pelanggan, dan pemegang saham, mengapa tidak mencetaknya dengan desain yang mengesankan?

Mengenal Laporan Akhir Tahun

Laporan akhir tahun atau yang juga biasa disebut dengan laporan tahunan (annual report). Laporan ini berisi tentang perkembangan dan pencapaian yang telah diraih oleh suatu perusahaan atau organisasi selama satu tahun.

Laporan tahunan biasanya dilengkapi dengan laporan keuangan, termasuk neraca laba rugi dan kinerja perusahaan. Laporan ini juga menjelaskan tugas, peran, dan pekerjaan masing-masing bidang.

Hanya karena laporan tahunan berisi laporan keuangan suatu organisasi, bukan berarti laporan ini termasuk dalam laporan keuangan (financial report). Laporan tahunan bersifat lebih luas daripada laporan keuangan.

Fungsi dari Laporan Akhir Tahun

Laporan keuangan dibuat bukan tanpa tujuan. Adapun fungsi laporan tahunan antara lain adalah.

  • Sebagai informasi tentang pencapaian perusahaan dalam satu tahun.
  • Membuat konsumen semakin tertarik dengan perusahaan Anda.
  • Menyajikan dokumen lengkap tentang keuangan perusahaan termasuk laba dan rugi, sehingga semua menjadi transparan.
  • Membagikan informasi tentang peran dan tugas masing-masing bidang.
  • Menjadi media pemasaran yang unik dan menarik, karena menyajikan perpaduan yang apik antara desain dan tulisan.
  • Laporan ini ditujukan kepada para konsumen, klien, sumber daya internal, dan pemegang saham.

Pentingnya Mencetak Laporan Keuangan

Laporan tahunan biasanya terdiri dari ratusan halaman yang berisi tulisan, grafik, dan angka. Pasti Anda dapat membayangkan betapa akan sangat menjemukan untuk membaca beratus-ratus halaman yang hanya berisikan tulisan.

Di sisi lain, Anda juga menyadari pentingnya laporan akhir tahun ini untuk dibaca dan dipelajari dengan saksama. Laporan ini akan menjadi bahan untuk mengevaluasi hasil kerja selama satu tahun, sehingga Anda dapat menentukan langkah selanjutnya yang akan diambil.

Hal ini membuat Anda tersadar betapa pentingnya mencetak laporan tahunan menjadi semenarik mungkin. Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus mencetaknya.

  • Membuat laporan menarik untuk dibaca sampai akhir

Anda dapat membayangkan betapa membosankan membaca suatu laporan yang rumit yang berisikan huruf dan angka. Sebagian orang pasti akan langsung meletakkan laporan tersebut meskipun mereka baru membaca halaman pertama.

Dengan mendesain laporan menggunakan tata letak, huruf, dan warna yang rapi dan beragam, orang-orang akan lebih antusias ketika membacanya.

  • Mudah diingat

Laporan yang didesain secara unik dan menarik akan membawa kesan tersendiri bagi pembaca. Dan bahkan mereka akan mudah mengingat isi laporan tersebut.

  • Membentuk persepsi positif

Ketika pelanggan dan stakeholder membaca data akurat yang tersusun secara rapi, mereka akan terkesan terhadap perusahaan Anda. Tentu ini merupakan respon yang positif untuk Anda.

  • Laporan menjadi lebih mudah untuk dipahami

Ketika seseorang dihadapkan dengan data-data dan grafik serta istilah yang rumit, mungkin akan timbul rasa enggan untuk membacanya. Namun jika data tersebut tersaji dalam grafik, tampilan visual, dan tatanan yang menarik dengan narasi yang sederhana, maka laporan tersebut akan lebih mudah untuk dipahami.

Bagaimana Cara Mencetak Laporan yang Menarik?

Anda tidak perlu bingung menentukan dimana men Cetak Laporan Akhir Tahun, sehingga menjadi laporan yang berkesan, tidak membosankan, dan menarik untuk dibaca. Mitrakom Fajar Utama adalah solusi percetakan Anda.

Mengapa Mitrakom Fajar Utama? Karena Anda akan ditangani langsung oleh pakarnya. Bukan cuma itu, Anda juga dapat berkonsultasi dengan tim desain grafis yang andal.