Untuk mendapatkan hasil percetakan yang maksimal, salah satu unsur yang tidak boleh diabaikan adalah pemilihan kertas percetakan. Dengan pemilihan kertas percetakan yang tepat, materi desain yang sempurna dapat dituangkan dengan baik pada hasil ahir percetakan itu sendiri. Dengan beraneka ragamnya jenis kertas percetakan, kita dapat mengkelompokan sebagian macamnya.

Pemilihan Kertas Percetakan | Percetakan Ku Mitrakom Fajar Utama

Berikut adalah beberapa kelompokĀ kertas percetakan beserta penjelasannya.

1. CoatedĀ paper

Yang termasuk jenis kertas coated paper Art/Matte paper, Art karton, Duplek, Jasmine dll. Jenis kertas ini permukaanya yang halus jika dicetak akan menumbulkan effek berkilau namun biasanya untuk memaksimalkan hasil yang sempurna pada tahapan finishing dapat di vernish maupun laminating. Untuk gramasi art paper secara umum 100 gr, 120 gr, dan 150 gr, diatas gramasi 190 gr, 210 gr, 260 gr, 320 gr dan 369 gr disebut art karton.

2. Uncoated paper

Untuk jenis uncoated paper diantaranya HVO, kertas karton, kertas koran dan HVS. Jenis kertas ini dengan permukaanya yang kasar serta daya serap yang tinggi terhadap tinta, maka hasil dari percetakanya tidak berkilau (Glossy). Gramasi yang umum dipergunakan 70 gr, 80 gr 100 gr.

3. Non Absorption paper

Sesuai dengan istilahnya, jenis kertas ini tidak memiliki daya serap, sehingga untuk tahap pengeringanya diperlukan oksidasi. Dan untuk penanganan jenis kertas ini memerlukan perhatian yang ekstra, diantara jenis non absorption paper adalah stiker vynil, alumunium foil, typex dsb.