Percetakan Poster atau Flyer | Dengan kita mau mengamati kebiasaan calon konsumen yang kita bidik, tentu akan mendapat nilai tambah ketika kita mengkomunikasikanya kedalam bentuk media promosi. Yang terpenting, kaidah dari media promosi adalah menarik, komunikatif, simple, dan dapat mempengaruhi.

Desain Poster Alfamart

 

poster

Dengan berbekalkan pengalaman yang cukup memadai, percayakanlan kebutuhan percetakan poster atau flyer anda pada kami. Poster merupakan hasil sebuah karya seni yang memiliki kumpulan kata dan juga gambar yang ditempatkan pada selembar kertas yang berukuran besar. Biasanya poster ini sering ditempelkan pada sebuah dinding ataupun pada permukaan datar lainnya. Poster dapat dijadikan sebagai penarik perhatian, sehingga pada proses pembuatan poster ini harus di desain semenarik mungkin agar memiliki daya tarik yang kuat untuk membuat orang ingin melihatnya.

Kita sering kali melihat banyak poster yang ditempelkan di tempat-tempat umum, sehingga poster ini dapat dijadikan sebagai media promosi yang sangat efektif untuk mengundang perhatian masyarakat umum. Poster-poster yang sering kali kita jumpai di tempat umum yaitu seperti pendidikan, sosialisasi program-program pemerintah, propaganda, iklan suatu produk dan masih banyak lagi yang lainnya.

Poster terdiri dari empat jenis sesuai dengan isi di dalamnya, yaitu :

1. Poster Niaga
Poster Niaga merupakan salah satu jenis poster yang sering kali di pasang di tempat-tempat umum. Isi dari poster Niaga yaitu terdiri dari beberapa kalimat dan juga gambar yang dipergunakan sebagai media promosi pada suatu produk tertentu.

2. Poster Kegiatan
Untuk mempublikasikan suatu kegiatan, biasanya para penyelenggara acara akan membuat poster tentang informasi sebuah acara tertentu. Di dalam informasi tersebut biasanya meliputi beberapa hal yang bersifat umum seperti tema acara, gambar-gambar untuk menarik minat pengunjung, waktu dan juga tempat acara tersebut akan berlangsung.

3. Poster Pendidikan
Poster pendidikan yaitu jenis poster yang berisi tentang sebuah informasi mengenai pendidikan, seperti mensosialisasikan sebuah program dari pemerintah. Contohnya yaitu seperti pada saat pemerintah mensosialisasikan sebuah program wajib belajar 9 tahun. Pada masa sosialisasi tersebut, tentunya banyak sekali poster yang tersebar di berbagai tempat.

4. Poster Layanan Masarakat
Sesuai dengan namanya, poster layanan masyarakat ini merupakan sebuah poster yang berisi tentang tujuan untuk mensosialisasikan sebuah program pelayanan masyarakat dari hasil gagasan pemerintah. Contohnya yaitu seperti pelayanan posyandu.

Setelah anda menyimak penjelasan singkat mengenai jenis-jenis poster, sabaiknya anda juga mengetahui beberapa poin penting yang harus anda perhatikan sebelum anda membuat atau cetak poster.

Berikut poin-poin penting yang harus anda perhatikan yaitu :

1. Menentukan Topik dan Tujuan
Hal pertama yang harus anda perhatikan yaitu menentukan topik dari poster yang akan anda buat. Misalnya poster yang akan anda buat itu untuk membahas mengenai suatu produk, kegiatan sosial, layanan dan lain sebagainya. Setelah itu, tentukan juga tujuan anda membuat poster itu untuk apa? Misalnya saja bertujuan untuk mempromosikan produk/jasa yang anda tawarkan dan lain sebagainya.

2. Buatlah Suatu Kalimat Singkat dan Bersifat Mensugesti
Masyarakat atau pengunjung biasanya hanya akan membaca poster secara sepintas saja, sehingga kalimat yang dibuat pada sebuah poster harus singkat namun jelas. Hal ini bertujuan agar pengunjung dapat membaca isi poster tersebut dengan jelas dalam waktu singkat, sehingga pengunjung dapat menyampaikan informasi yang ada di dalam poster dengan baik. Pastikan juga jika kalimat yang dibuat dapat mensugesti para pengunjung untuk membeli ataupun melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang kita harapkan.

3. Memasang Gambar
Gambar merupakan sebuah alat untuk menyampaikan pesan yang paling menarik dan mudah di ingat oleh siapapun yang melihatnya. Inilah yang membuat banyak poster saat ini memiliki tampilan gambar yang berukuran lebih besar jika dibandingkan dengan tulisannya. Memasang jenis gambar yang memiliki warna mencolok, tentunya dapat menjadi salah satu cara yang paling efektif menarik banyak pengunjung untuk melihat dan membacanya.

4. Memakai Media yang Tepat
Memilih tempat yang tepat untuk menempelkan poster menjadi salah satu faktor yang penting untuk diperhatikan, ini bertujuan agar poster yang kita pasang dapat dilihat oleh banyak orang. Apabila kita memasang poster pada dinding-dinding yang ada dipasar, maka kemungkinan besar poster kita akan dibaca dan dilihat oleh banyak orang ketimbang jika di pasang di kawasan perumahan.