Bisnis percetakan merupakan bisnis yang cukup menjanjikan karena berpeluang besar untuk di kembangkan menjadi lebih besar. Karena pada saat ini banyak masyarakat yang membutuhkan percetakan untuk kebutuhan hidupnya sehari – hari.

Masyarakat sangat membutuhkan kehadiran percetakan karena sering di butuhkan di saat – saat mendadak seperti mencetak kartu undangan pernikahan, formulir lamaran kerja, alat kantor, cetak brosur maupun poster dan lain sebagainya.

Perlu di ketahui Badan Persatuan Perusahaan Grafika ( PPGI ) mempunyai target pada kinerja perusahaan percetakan untuk dapat bertumbuh menjadi 10 % lebih banyak lagi.

Kebutuhan masyarakat akan cetak mencetak memang telah mendorong lebih besar untuk berkembang dan bertumbuh lebih subur di dalam bisnis percetakan atau digital printing.

Bahkan tidak hanya di kota besar, namun di sebagian daerah pun sudah banyak bisnis percetakan karena memang sadar akan kebutuhan cetak mencetak di masyarakat.

Perkembangan Bisnis Percetakan di Masa Kini

Dengan berkembangnya teknologi yang memang saat ini di kuasai oleh mesin super canggih. Hal ini berdampak pada perkembangan yang sanga signifikan pada bisnis digital printing.

Kita bisa melihat beberapa mesin modern untuk keperluan bisnis percetakan yang bertujuan agar semakin mudah untuk mencetak dalam jumlah yang banyak.

Percetakan termurah di jakarta

Pada umumnya bisnis percetakan ialah bisnis kepercayaan dan jasa. Dikatakan kepercayaan karena terkadang kita menerima pekerjaan dari klien kita berupa data yang masih mentah dan mereka mempercayakan pada kita untuk mendesain apa yang mereka mau.

Walaupun hasil dari desain kita akan di proof sebelum naik cetak, namun tetap saja sentuhan desain kita masih mewarnai hasil ahir cetakan. Padahal desain yang mereka percayakan pada kita berupa kop surat, brosur, pamflet, baliho, kuitansi , kalender dll, yang mana hasil dari percetakan tersebut dapat menjadi unsur penting dan representative dari perusahaan tersebut.

Baca Juga :

Jenis – jenis mesin percetakan

Untuk itulah unsur jasa ada didalamnya, dan masih banyak lagi hal tentang kepercayaan dan jasa dalam bisnis ini. Namun lepas dari itu semua, karena kami menganggap hasil dari pekerjaan kami adalah sesuatu yang istimewa, dan demi memuaskan pelanggan, kami ingin menempatkan Telung Wong Grafisindo menjadi percetakan “ku” untuk semua pelanggan kami, sehingga ketika klien kami mempunyai mau, mereka merasa nyaman ada dirumah sendiri.

Jenis – jenis Bisnis Percetakan

Berkembangnya zaman dengan beberapa teknologi super canggih menjadikan banyak sekali jenis – jenis usaha percetakan yang terbagi menjadi beberapa bagian. Simak berikut penjelasannya.

Digital Printing

Jenis usaha percetakan digital printing ini dapat melayani dalam jumlah banyak seperti membuat mug custom, kartu nama bahkan sampai dengan banner.

Bisnis percetakan

Di sebut dengan istilah digital printing karena di dalam proses pekerjaannya menggunakan teknologi digital yang super canggih. Mesin digital printing dapat bekerja dengan cepat dengan meciptakan berbagai produk percetakan dalam hitungan menit.

Percetakan Sablon

Percetakan jenis ini adalah percetakan dengan menggunakan teknik sablon. Mungkin sudah tidak perlu di jelaskan bahwa percetakan jenis ini sudah sejak lama hadir di Indonesia.

Ciri khas dari teknik sablon ini adalah dari proses kerja yang di cetak dengan melakukan kain atau biasa di sebut screen yang akan diberi tinta.

percetakan sablon

Lalu, para pekerja akan menyapu atau menyeret dengan menggunakan benda yang di beri nama palet atau rakel yang nantinya akan menyebarkan tinta ke bagian yang belum terdapat tinta. Produk yang biasanya di hasilkan dari jenis percetakan ini adalah Pakaian sablon.

Offset Printing

Pada jenis percetakan offset printing ini sudah menggunakan mesin. Namun yang di gunakan berbeda dengan mesin pada digital printing.

Plus minus Digital Printing & Offset

Mesin ini lebih banyak berfokus pada produk yang berbahan kertas. Seperti amplop, brosur, kop surat dan lain sebagainya.

Jadi, seperti itulah beberapa penjelasan mengenai bisnis percetakan. Pada masa kini, bisnis ini masih sangat worth it untuk di jadikan peluang. Walaupun industri 4.0 terus masih berkembang dengan teknologi yang super canggih. Namun, kebutuhan cetak mencetak bagi masyarakat masih sangat di butuhkan di kota besar maupun pelosok desa.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah wawasan untuk kita semua. Aamiin.

Artikel Terkait