Proses Kerja Mesin Cetak Offset

Mesin Cetak Offset

Tahukah anda apa saja barang yang wajib ada pada perusahaan percetakan? Tentunya barang yang paling penting adalah alat untuk mencetak. Salah satu fasilitas yang memiliki kualitas hasil cetak yang memuaskan adalah mesin cetak offset.

Hasil cetakan menggunakan alat ini memiliki karakter yang halus namun tajam pada saat mencetak. Hampir setiap perusahaan percetakan menggunakan alat yang berkualitas canggih ini. Kualitas printing yang dihasilkan jernih dan rapi, hal tersebut sebanding dengan harga yang bisa di bilang tergolong mahal.

Ciri – Ciri Mesin Cetak Offset

  • Ciri utama adalah kemampuannya untuk proses pindah huruf pada blanket. Proses tersebut dapat berjalan karena mesin cetak offset menggunakan master atau plate.
  • Sumber daya utama untuk menggunakannya adalah listrik karena mesin ini sangat membutuhkan listrik untuk melakukan pergerakan mekanis.
  • Dilengkapi dengan tabung untuk fixer karena membutuhkan fixer untuk memindahkan huruf keblanket. Fixer tersebut merupakan campuran dari bahan kimia khusus yang dilarutkan dengan air.
  • Ukuran mesin cetak yang besar dapat membantu untuk memproduksi cetakan dengan ukuran yang besar, bahkan dapat digunakan untuk memproduksi kertas ukuran karton ataupun yang paling maksimal adalah ukuran A0.
  • Memiliki fitur untuk dapat menghasilkan cetakan dengan warna yang jernih dan rapi.
Mesin cetak offset percetakan
Mesin cetak offset percetakan

Keunggulan & Kelebihan Mesin Offset

  • Biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah
  • Waktu produksi yang dibutuhkan lebih singkat
  • Mesin cetak offset dapat menghasilkan warna yang konsisten alias dapat bertahan lama dan tidak mudah pudar
  • Konsumen dapat memilih berbagai jenis warna karena mesin cetak offset memiliki koleksi warna yang beragam.

Mesin Cetak Offset Untuk Proses Percetakan

Mesin cetak offset adalah mesin printing yang menggunakan teknologi master yang dikenal dengan Plate. Plate dilengkapi dengan kemampuan untuk proses pemindahan huruf pada blanket saat melakukan printing.

Bagi anda yang membutuhkan produksi cetakan dalam skala besar maka sebaiknya menggunakan mesin cetak offset. Tentu saja alat ini akan sangat membantu anda untuk menjaga efektivitas waktu dan biaya produksi.

Ukuran Mesin

Alat canggih ini memiliki berbagai ukuran, mulai dari ukuran kecil hingga besar. Berikut penjelasannya.

Ukuran Kecil

biasanya digunakan untuk produksi menggunakan kertas ukuran A3.

Sedang

ukuran sedang di pergunakan untuk melakukan printing untuk kertas dengan maksimal ukuran F2 atau double folio.

Besar

Apabila ukuran besar, alat ini mampu memproduksi printing untuk maksimal kertas ukuran A1.

Proses Mesin Cetak Offset

Kita harus mengenal secara keseluruhan bagaimana alat ini bekerja untuk proses percetakan. Dengan demikian beragam macam barang atau produk percetakan memerlukan proses produksi yang harus di lewati.

Proses yang akan dilakukan belum tentu banyak atau sedikit. Karena hal tersebut tergantung dari serumit apakah produk yang akan dibuat. Semakin rumit maka semakin lama prosesnya. Begitupun sebaliknya.

Proses Pra-Cetak

Proses pra cetak dimulai dengan persiapan untuk membuat repro filem yang akan digunakan. Repro filem tersebut kemudian akan keluarkan dalam bentuk kertas film yang selanjutnya digunakan untuk kebutuhan rekam plate.

Untuk proses rekam plate anda sebaiknya menggunakan bahan aluminium dengan mesin ctcp. Jika sudah selesai melakukan proses rekam plate, selanjutnya persiapkan kertas yang akan digunakan untuk proses cetak.

Persiapan secara detailnya.

  • Persiapan yang petama adalah bahan kertas. Sebelum kita memilih kertas alangkah baiknya kita mengenal standar ketas percetakan agar hasil proses cetak bisa sempurna.
  • Tahap selanjutnya adalah mensetting format produk yang akan dibuat pada komputer. Seperti misalnya ukuran & desain grafis.
  • Hasil setting yang telah di print harus di rekam dengan menggunakan rekam plat. Sehingga dengan begitu naskah cetak akan terdapat di atasnya dan plat cetak akan di taruh pada mesin cetak tersebut.

Proses Cetak

Selanjutnya persiapkan settingan yang tepat untuk plate, kertas, dan juga pemilihan tinta yang tepat. Posisikan plat cetak dan kertas yang akan digunakan untuk produksi pada mesin offset. Tempat pemasangan plate beada tepat diatas mesin cetak offset. Sedangkan penempatan kertas diletakan di bawah roll.

Proses Finishing

Bagian finishing melibatkan proses cutting dan juga laminating. Cutting diperlukan untuk menghasilkan produk yang rapi dan menghilangkan area yang dirasa tidak perlu.

Kemudian proses laminating dilakukan untuk mendapatkan produk dengan hasil yang mengkilap. Kertas yang menggunakan laminating juga akan lebih tahan lama dan tidak mudah tergores.

Proses secara detail :

  • Proses pertama adalah memotong serit kertas yang bertujuan untuk membagi kertas dengan beberapa bagian atau hanya merapihkan kertas.
  • Foil membubuhi kertas dengan gambar atau tulisan dengan tujuan agar mengkilat seperti warna emas, perak dsb.
  • Selanjutnya adalah dengan cara Embossed untuk menghiasi kertas.
  • Proses selanjutnya adalah laminating gloss/doff dsb. Cetak kertas yang telah di lapisi dengan plastik buram pada bagian luar karena akan menimbulkan kesan menarik tersendiri.
  • Langkah selanjutnya adalah memotong kertas dengan pisau mesin pons menjadi bentuk-bentuk tertentu.
  • Setelah melewati proses memotong kertas dengan memakai pisau pons. Langkah berikutna adalah dengan menyatukan kertas dengan lem.
  • Proses akhir adalah dengan menjilid, menjjahit benang dan setelah itu dilipat atau disusun secara rapih.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *