Selama ini kita mengenal kemasan plastik suatu produk tertentu dicetak menggunakan mesin cetak konvensional atau dengan teknik sablon. Namun sayangnya, teknologi konvensional tersebut tidak selalu mendapatkan hasil cetak dengan kualitas yang bagus.

Biasanya, teknologi sablon membutuhkan proses pengerjaan yang memakan waktu cukup lama. Namun, berbeda lagi jika suatu kemasan dicetak menggunakan teknologi rotogravure.

Apa itu teknologi rotogravure ? Rotogravure merupakan salah satu teknologi canggih yang memiliki peran penting dalam dunia percetakan. Teknologi cetak ini biasa digunakan untuk mencetak media yang terbuat dari bahan-bahan fleksibel seperti aluminium, kertas, PVC dan berbagai jenis plastik.

Cetak rotogravure hanya cocok diaplikasikan untuk kebutuhan cetak dengan volume besar dengan proses pengerjaan yang sangat singkat.

Adapun produk atau bahan yang akan dicetak menggunakan teknologi rotogravure ini biasanya dalam bentuk rol atau gulungan. Nah, hasil dari cetakan tersebut tidak bisa langsung dinikmati oleh konsumen, melainkan harus melalui beberapa tahap terlebih dahulu.

Peran Teknologi Mesin Rotogravure Printing

Rotogravure kini hadir menjadi solusi terbaik bagi anda para pemilik brand ataupun yang sedang menjalankan UMKM. Hal ini tentu saja berguna untuk mendapatkan kemasan efektif sehingga mampu memaksimalkan daya jual produk dengan cepat.

Kemasan efektif satu ini memberikan proteksi, higienis customized, ruamah lingkungan, desain yang variable dan inovatif yang bisa dipesan dalam jumlah minimum.

Peran Teknologi Mesin Rotogravure Printing
Contoh gambar mesin rotogravure

Bagaimana sebenarnya teknik cetak teknologi rotogravure ? Rotogravure adalah teknologi yang menggunakan acuan berupa silinder yang berputar, kemudian gambar dan tulisan diperoleh dari implementasi hasil ukiran.

Dengan demikian, rotogravure melibatkan pengukiran gambar atau desain ke sebuah plat film yang digunakan untuk membawa gambar. Setelah itu barulah gambar dicetak menggunakan mesin secara berputar.

Teknologi rotogarvure adalah mesin cetak yang memiliki satu unit pencetakan untuk setiap warnanya. Setiap hasil cetak dari mesin ini harus melalui tahapan finishing terlebih dahulu.

Baca Juga :

Jenis – Jenis Mesin Percetakan

Nah 3 tahapan finishing dalam teknik cetak rotogravure yang perlu anda ketahui ialah laminasi, pengeringan dan pemotongan. Proses laminasi menggunakan bahan metalize dilakukan untuk menghasilkan cetakan yang awet dan tahan lama.

Adapun pengeringan dilakukan setelah proses laminasi selesai, tujuannya ialah agar proses penyatuan plastik dan metalize semakin kuat. Sementara itu, tahap pemotongan atau slitter dilakukan dengan cara seperti proses die cutting di percetakan digital, yang ukuran dan bentuk hasil potongan disesuaikan dengan kebutuhan customer.

Kelebihan Mesin Rotogravure

Apa sih kelebihan mesin cetak rotogravure jika dibandingkan dengan teknologi cetak lainnya ? Setiap mesin cetak pasti memiliki sisi kelebihan dan kekurangannya.

Tak terkecuali dengan rotogravure sebagai mesin canggih yang memiliki peran penting dalam dunia percetakan ini memiliki beberapa kelebihan seperti berikut ini.

Teknologi rotogravure memiliki proses pengerjaan yang dapat berjalan lama dengan operasi volume besar tanpa merusak dan menurunkan kualitas gambar yang diproduksi.

Selain itu, jika dijalankan untuk produksi yang berkuantitas tinggi maka biaya percetakan akan jauh lebuh murah dari harga biasanya. Rotogravure mampu mencetak berbagai macam materi yang fleksibel seperti kertas, plastik, board dan lain-lain.

Sementara itu untuk warna gambar yang dihasilkan pun jauh lebih stabil daripada mesin cetak lainnya. Dengan dukungan tinta solvent base yang tidak dipengaruhi air, menjadikan warna cetakan dari mesin ini jauh lebih cemerlang.

Baca Juga :

Perusahaan Percetakan Telung Wong Grafisindo

Perlu anda ketahui, untuk mengoperasikan mesin cetak rotogravure ini rupanya diperlukan tenaga ahli dalam bidang grafika. Hal ini tentu saja karena prosesnya yang cukup rumit sehingga sulit dipahami oleh orang awam.

Maka peran teknologi mesin rotogravure printing dan plastik packaging memiliki keterkaitan industri yang terbilang sangat erat. Demikianlah peran tekonologi rotogravure di dunia percetakan yang perlu anda ketahui untuk menambah wawasan anda agar lebih luas.

Artikel Terkait