Pada kali ini admin akan membahas mengenai sejarah perkembangan kertas di Indonesia. Siapa sih yang gak kenal sama kertas ? Ya, kertas bukanlah sesuatu yang langka untuk manusia saat ini. Bahkan perkembangan kertas saat ini semakin pesat.

Terlebih lagi melalui kertas kita bisa menulis sesuai keinginan kita atau hal – hal yang ingin kita ungkapakan atau mungkin hal – hal yang memang penting untuk kita ingat makanya di catat agar tidak lupa.

Sebelum di temukannya kertas. Manusia pada masa zaman dahulu menggunakan berbagai bahan untuk menulis. Tentu saja banyak sekali perjuangan yang panjang yang tentunya tercatat dalam buku sejarah perkembangan kertas di Indonesia.

sejarah kertas di indonesia

Kertas pertama kali di temukan oleh orang China bernama Tsai Lun. Uniknya, Tsai lun memulai menciptakan kertas melalui bahan baku bambu sekitar tahun 101 M.

Pada saat itu pun Tsai Lun memperlihatkan hasil ciptaan kertasnya kepada kaisar Ho Ti pada abad ke 2.

Sejarah Perkembangan Kertas di Indonesia

Perkembangan kertas di Indonesia pun menarik perhatian untuk di gali lebih lanjut. Mengapa demikian? Karena perkembangan kertas ini secara perlahan menyebar sampai saat ini kertas di gunakan dengan bahan yang lebih masuk akal.

Namun, apakah kita menyadari bahwa kertas dahulu di buat dari jenis bambu. Misalnya saja di Sumatera Utara, bambu dengan berkulit halus yang disebut dengan bulu suraton merupakan bahan yang terbaik untuk di jadikan kertas. Sedangkan di Palembang menggunakan bahan bambu betung atau Dendrocalamus Asper yang di anggap mempunyai kualitas terbaik untuk di jadikan kertas.

Peran kertas Dalam Kehidupan Modern

Ya, peran kertas di dalam kehidupan modern ini sangatlah membantu. Bagaimana tidak mungkin? Kertas merupakan media untuk bisa mencatat dan membaca. Selain itu, kertas merupakan media untuk mencatat ketika kita sedang mencari ilmu pengetahuan yang tentu saja dengan tujuan agar tidak mudah lupa dan dapat kita baca lagi di kemudian hari.

Kertas di ciptakan dengan bahan yang tipis dan rata. Hal ini karena kompresi serat yang berasal dari pulp. Nah, pulp ini adalah hasil dari pemisahan serat dari bahan baku berserat. baik itu kayu atau non kayu yang tentu saja melalui berbagai proses pembuatan. Seperti mekanis, sekimia, dan kimia.

Baca Juga :
Jenis – jenis kertas untuk percetakan

Perkembangan industri percetakan

Perkembangan kertas pada era modern ini tentu saja sangatlah pesat. Apalagi di tambah dengan hadirnya industri percetakan di Indonesia dan di dunia.

Cepatnya perkembangan teknologi pada saat ini telah menjadikan fungsi kertas yang lain selain untuk menulis. Karena dengan hadirnya industri percetakan, kertas menjadi bahan utama untuk mencetak majalah, brosur, koran dll.

Jadi seperti itulah sejarah perkembagan kertas. Semoga menambah wawasan. Aamiin.

Artikel Terkait