Sejarah Percetakan di Indonesia masih menjadi misteri sebab pada masa itu masih banyak orang yang belum mengetahui secara pasti mengenai percetakan di dalam kehidupan sehari-hari.

Walaupun masih bisa di bilang Indonesia masih ketinggalan di bandingkan negara yang lain. Namun saat ini beberapa hasil karya percetakan di Indonesia bisa kita nikmati dan memberikan faedah dan manfaat yang sangat mengagumkan khususnya untuk media promosi dan pemberitahuan informasi secara cetak.

Sampai saat ini riwayat percetakan di Indonesia masih memberikan tanda besar siapa yang membawa perubahan riwayat percetakan di Indonesia. Khususnya penduduk lokal. Karena sebelumnya penerbitan media masa warga lokal masih di kombinasi bersama orang belanda.

Sejarah Percetakan di Indonesia

Sejarah percetakan di Indonesia memandang jika R.M Tirtoadisoerjo adalah perintis sekaligus pelopor usaha percetakan yang ada di Indonesia pada saat itu. Pada Awal mulanya R.M Tirtoadisoerjo mempunyai nama R.M Djokomono yang membangun toko buku, alat catat dan toko alat catat Jawa.

Pada tahun 1904 beliau sukses mengeluarkan majalah lalu diiringi dengan penerbitan media massa di Bandung. Serta media massa itu sempat diciptakan sekitar 2000 eksemplar serta termasuk juga dalam jumlah yang besar di saat itu.

Percetakan Masa Kini

Media percetakan masa kini semakin berkembang dengan pesat. Perlu di ketahui bahwa percetakan saat ini merupakan dari hasil sempurna yang di ciptakan dari proses desain grafis yang sempurna. Karena desain grafis adalah sebuah proses kreatif yang memerlukan sentuhan seni-pengetahuan dan produk agar pesan dari komunikasi visual ini dapat sampai pada target yang kita bidik.

Namun hal ini pun mestilah melewati tahapan lain yang tidak kalah pentingnya. Baik persiapan bahan, misal kertas, kemampuan mesin dan sumber daya manusia yang handal. Tentu tidak lupa juga dengan target market dan filosofinya.

Plus minus Digital Printing & Offset
Mesin cetak offset hasil perkembangan sejarah percetakan

Coba bayangkan, sebuah brosur yang umumnya dilihat hanya 3-4 detik saja dapat menancap dipikiran konsumen sehingga alam bawah sadarnya akan teringat kembali ketika kelak akan membutuhkan sebuah produk yang akan digunakan, tentu ini bukan perkara mudah, dengan simbol simbol komunikasi visual yang kita sampaikan haruslah dapat mempengaruhi audiens kita.

Daftar Layanan percetakan saat ini semakin canggih dan memberikan pelayanan yang luar biasa. Di mulai dari kecepatan bekerja sampai dengan batas waktu yang di tentukan.

Untuk itu desain grafis dalam dunia percetakan sangat vital akan keberadaanya, namun kamipun tidaklah egois, karena setiap klien kami memliki expresi yang berbeda akan komunikasi visualnya, bersama kami andapun akan terasa nyaman seakan berada di percetakanku.

Jasa Percetakan di Jakarta

Jasa percetakan murah dan berkualitas bisa kita temukan di banyak tempat. Salah satunya seperti Telung Wong Grafisindo. Selalu memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan.

Artikel Terkait