Mesin percetakan di ciptakan untuk mempercepat proses percetakan agar semakin mudah dan tepat waktu. Tentu saja hasilnya benar – benar mudah dan tepat waktu. Selain itu, perkembangan dunia percetakan semakin berkembang dengan pesat dengan seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas jenis – jenis mesin percetakan yang sering di gunakan oleh Perusahaan percetakan. Baik di negara lain dan juga Indonesia.

Perusahaan percetakan berkembang dengan pesat yang di iringi dengan teknologi super canggih. Kebutuhan percetakan di kehidupan sehari – hari pun semakin meningkat dan cukup beragam.

Beragam jenis untuk percetakan, hal ini di pengaruhi dari produk dan juga tentunya proses pembuatan. Seperti jenis mesin yang tentunya memiliki fungsi masing – masing dalam peranan dunia percetakan.

Jenis Mesin Percetakan

Mesin percetakan yang di gunakan tentu saja berbeda – beda fungsi dan kegunaanya. Misalnya seperti mesin cetak buku. Pastinya akan berbeda dengan mesin yang di gunakan untuk banner atau spanduk. Simak penjelasan berikut.

Mesin Flexography

Mesin ini di gunakan untuk keperluan mencetak kemasan produk. Baik itu seperti kemasan makanan, komestik, obat – obatan dll. Jenis mesin ini juga selalu di gunakan oleh Perusahaan besar untuk mencetak kemasan produknya.

Jenis Mesin Percetakan Flexography

Tentu saja mereka memiliki alasan memiliki mesin ini. Salah satunya adalah agar tidak memperkerjakan percetakan untuk mencetak kemasan produknya.

Mesin Rotogravure

Jenis mesin ini merupakan jenis mesin yang memiliki proses panjang. Namun, mesin ini bisa di katakan merupakan mesin cetak yang memiliki hasil cetak yang paling tajam ketimbang jenis mesin lainnya.

Jenis Mesin Percetakan Rotogravure

Digital Printing

Mesin percetakan tentu saja semakin berkembang dari tahun ke tahun. Mesin percetakan jadul biasanya menggunakan plat digital atau film. Maka di mesin digital printing ini tidak memerlukan plat digital atau film lagi.

Jenis Mesin Percetakan

Selain dari itu, dari proses pengerjaan pun, mesin ini sangat cepat sehingga apabila ada klien yang meminta projek di selesaikan dengan cepat tentu saja prosesnya akan selesai dengan tepat waktu.

Baca Juga :

Kekurangan mesin digital printing dan Offset

Mesin Offset

Saat ini banyak sekali perusahaan percetakan yang menggunakan mesin jenis ini karena harga lebih murah di bandingkan mesin lainnya. Mesin offset terbagi menjadi beberapa bagian. Ada mesin offset kecil, sedang dan juga besar.

Jenis Mesin Percetakan offet

Mesin ini sangatlah efisien digunakan. Karena keunggulan dari mesin ini adalah dapat membuat order lebih banyak sekali dalam sekaligus.

Masing – masing mesin mempunyai kekurangan dan kelebihannya serta fungsi yang menjadi hal utama dalam proses kerja percetakan. Tentu saja tidak menutup kemungkinan apabila di masa mendatang akan lebih canggih dari pada tahun ini. Kita nantikan saja ya. Hehe

Jadi, seperti itulah jenis dari mesin percetakan yang sering digunakan untuk proses cetak di perusahaan percetakan setiap harinya. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat menambah wawasan kita semua. Aamiin.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan