Plus Minus Digital Printing dan Offset

Plus Minus Digital Printing dan Offset

Dunia percetakan pasti tak terlepas dari kedua mesin berikut yaitu digital printing dan mesin cetak offset. Perbedaannya adalah yang satu dikatakan sebagai mesin cetak modern dan yang satunya dikatakan sebagai mesin cetak tradisional. Jika sudah begitu, pasti Anda berfikir apasih plus minus digital printing dan offset hingga dibandingkan seperti itu?

Kedua mesin tersebut pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bahkan jika digambungkan, akankah kedua mesin tersebut saling menutupi satu kekurangan pada mesin cetak yang lain?

Plus Minus Digital Printing dan Offset Secara Umum

Kelebihan dan kekurangan digital printing dan mesin cetak offset secara umum bisa Anda ketahui disini. Namun, jika ingin membandingkan maka Anda harus melihat dari beberapa aspek. Sebelum melangkah kesana maka pahami dulu kelebihan dan kekurangan dari kedia mesin tersebut.

Kelebihan Digital Printing

  • Efisiensi dalam pengerjaan lebih bagus karena prosesnya yang cepat dan tidak menunggu terlalu lama untuk mendapatkan output dari cetakan.
  • Karena skalanya yang kecil maka harga produk cetakan ini relatif murah

Kekurangan Digital Printing.

  • Ukuran kertas yang bisa masuk adalah A3+ dan tidak diperuntukkan untuk kertas di atasnya.
  • Gramatur cetak yang bisa dilakukan maksimum adalah 270 gsm.
  • Produk dalam jumlah besar akan memakan biaya yang tidak sedikit dan lebih mahal dibanding dengan output mesin cetak offset.

Kelebihan Mesin Cetak Offset

  • Konsistensi warna cetakan yang stabil karena bisa mengatur dan menyesuaikan warna secara manual. Warna yang digunakan bisa dibuat sendiri dan mengombinasikan warna sesuai yang diinginkan
  • Jika mencetak dalam jumlah besar biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah.
  • Produksi dengan volume besar bisa lebih cepat selesai, mesin cetak bisa mencetak hingga gramatur paling tinggi seperti kertas karton

Kelemahan Mesin Cetak Offset

  • Biaya pembuatan plat yang sedikit mahal, oleh sebab itu jika kuantitas cetak hanya sedikit maka bisa dikatakan biayanya lebih mahal. Untuk satu cetakan dengan 4 warna akan membutuhkan 4 plat karena 1 plat hanya berisi 1 warna saja.

Perbandingan Digital Printing dan Mesin Cetak Offset

Setelah Anda mengetahui plus minus digital printing dan offset dengan terperinci maka Anda bisa membandingkan kedua mesin tersebut. Pertimbangan dalam memilih diantara kedua cetakan tersebut harus dilihat dari tujuan hasil cetakannya.

Salah faktor yang digunakan untuk menentukan perbandingan adalah dalam segi jumlah kuantitas.

Sedangkan jika Anda hanya ingin mencetak di bawah 1.000 lembar maka gunakan jasa percetakan digital printing. Hal tersebut sudah dijelas pada kelebihan pada digital printing dan mesin offset. Sehingga Anda akan mendapatkan harga yang pantas.

Faktor selanjutnya yang memengaruhi adalah waktu dibutuhkannya cetakan.

Perbandingan mesin cetak tidak berhenti pada hasil atau output cetakan namun juga harus membahas mengenai perawatan dan perbaikan mesin.

Mesin cetak offset ukurannya lebih besar dan mudah cepat kotor karena tinta yang digunakan harus dimasukkan setiap kali penyetelan produksi. Kebersihannya harus selalu dijaga agar mesin bertahan lama dan bisa menghasilkan cetakan yang bagus. Spare part dan perlengkapan mesin offset lebih besar dan lebih mahal harganya dibanding mesin cetak digital printing.

Selain itu, berbicara mengenai digital printing memang tidak terlalu rumit dalam proses perawatannya namun tetap harus dilakukan secara rutin.

Konsistensi dari waktu perawatan sangat mempengaruhi penggunaan mesin cetak baik digital printing dan mesin cetak offset. Dari kedua mesin tersebut jika tidak dirawat dengan baik dan benar akan memiliki waktu penggunaan yang sebentar.

Meskipun membuat biaya produksi membengkak namun lebih baik dibandingkan mesin yang tidak terawat dan produktivitas menurun. Dengan begitu maka produktivitas naik dan menghasilkan laba besar untuk perusahaan.

Beberapa hal harus Anda fikirkan agar keputusan yang diambil dapat berjalan dengan tepat.